Apakah Attitude Penting Dalam Dunia Kerja ?

Skill dan Knowledge Adalah Hal Penting Dalam Dunia Kerja Setelah Attitude




Casatoto - Attitude adalah sikap dan perilaku yang menampilkan sifat dan watak seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Cara berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua itu adalah cerminan dari apa yang sedang kamu lakukan. Bagi sebagian orang, Attitude mungkin adalah hal yang tidak penting. Tetapi percayalah Attitude sangat memengaruhi kesuksesan kamu kedepannya. Lah kok bisa?


Pada dasarnya, Kesuksesan dibagi menjadi tiga penyatuan yaitu  skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap). Skill dan Knowledge merupakan komponen yang dapat dikembangkan melalui membaca, banyak belajar, dan praktik tentunya. Akan tetapi, Attitude adalah komponen yang didapat dari tindakan setiap hari yang membentuk karakter kamu saat ini.





Persaingan dalam dunia kerja juga semakin ketat dari tahun ke tahun yang membuat setiap orang tidak bisa hanya mempersiapkan skill dan knowledge tetapi juga orang dalam, maksudnya attitude.


Casatoto Dari sebuah penelitian di Amerika, 90% kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi cenderung disebabkan oleh perilaku buruk, seperti tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk. Attitude yang ditunjukkan oleh karyawan dapat mencerminkan bagaimana perusahaan itu akan dikelola dan bagaimana seorang karyawan jika dihadapkan pada suatu masalah di perusahaan. Attitude menjadi peran penting bagi kemajuan suatu perusahaan, di mana sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting.


Selain itu, karyawan suatu perusahaan juga dapat mencerminkan produk maupun brand image perusahaan tersebut. Bayangkan, bila attitude karyawan dan karyawan buruk, tentu saja akan mempengaruhi bagaimana citra perusahaan di mata para partner atau klien nya. Dengan demikian, pihak perusahaan tidak hanya menilai karyawan dari segi kinerja saja, tetapi juga dari attitude yang dimilikinya. Perusahaan akan lebih mempertahankan karyawan yang memiliki attitude bagus, dibandingkan mereka yang berkinerja baik namun memiliki sikap buruk. Lantas, Attitude apa saja yang harus kamu miliki dalam dunia kerja?




Kali ini Casatoto akan memberi beberapa jenis attitude dasar yang wajib kamu butuhkan yang sudah dikutip dari beberapa narasumber, yakni; 

1. Menerima Kritikan atau masukan

Segala sesuatu yang dikatakan baik rekan, senior, junior maupun atasan kamu, tidak selalu bermakna negatif atau akan membuat kamu menjadi jelek. Cobalah menerima apa yang mereka katakan mengenai kinerja kamu pribadi dan evaluasikan kembali hal tersebut. Percayalah bahwa hal tersebut dapat mendorong kamu menjadi lebih baik dan juga mempererat tali persaudaraan.


2. Menghargai Waktu

Dengan menepati waktu kamu akan membuat suasana kerja yang bebas stress dan tenggat waktu hingga kamu menjadi terburu-buru. Hal itu juga menunjukkan bahwa kamu berkomitmen penuh terhadap pekerjaan kamu.


3. Menghormati Sesama Rekan Kerja

Rasa hormat tidak hanya ditunjukkan kepada atasan saja, bahwasanya hormat ditunjukkan kepada semua orang baik atasan, sebaya, maupun pada yang lebih muda dibandingkan dengan kamu.  Dengan begitu, Kamu telah menunjukkan profesionalitas sebagai seorang karyawan.





4. Berkomitmen/Bertanggungjawab terhadap perkerjaan

Penting bagi kamu untuk menunjukkan komitmen kamu terhadap pekerjaan kamu. Lebih baik lagi, jika kamu mencintai pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan bekerja dengan maksimal sehingga menguntungkan perusahaan kamu. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan diri kamu sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.


Selain beberapa hal di atas, peran networking juga tidak kalah penting untuk meraih kesuksesan. Baik secara langsung atau tidak langsung, kamu pasti membutuhkan bantuan orang lain. Nah, dengan attitude yang baik, kamu akan sangat terbantu dalam membangun network profesional kamu.




Yuk, Mulai attitude yang baik dalam bekerja! Attitude yang baik tentunya akan menuntun kamu ke dalam hal yang baik pula, tidak terkecuali kesuksesan.


Semoga Bermanfaat …